Halaman

Rabu, 13 Oktober 2010

Lima Tes Penting Untuk Penderita DIABETES

Bookmark and Share

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terdapat sejumlah tes yang perlu dijalani  
---------------------------------------------------------------------------------------------
Penyakit diabetes bisa menimpa siapa saja. Bukan hanya yang memiliki keturunan diabetes, penyakit ini, terutama golongan diabetes melitus tipe 2, juga dapat menyerang orang yang bergaya hidup tidak sehat.

Bagi penderita diabetes perlu mengendalikan kadar gula darah agar bisa beraktivitas seperti biasa. Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terdapat sejumlah tes yang perlu dijalani. Antara lain, tes urin dan tes darah.


Caranya mudah, dan tidak perlu proses yang berbelit. Saat ini di rumah-rumah sakit, penderita diabetes diharuskan menyerahkan sampel darah setiap kali melakukan pemeriksaan. Hal itu untuk melihat kondisi gula darah pasien. Kadar gula dalam darah bisa dipengaruhi banyak hal, bisa makanan, obat-obatan, penyakit atau stres.


Jika Anda termasuk salah satu penderita diabetes ada lima tes penting yang harus dijalani, yaitu :


1. Tes Oral Glucose Tolerance. Tes ini sering dilakukan pada wanita hamil. Darah Anda akan dibuat lelah dengan diberikan minuman sirup glukosa. Kemudian 30 menit sampai tiga jam akan dilihat bagaimana keadaan tubuh Anda setelah mengonsumsi gula. Hasilnya akan sangat bervariasi tiap orang dan tergantung dari berapa gram glukosa yang diberikan.

2. Puasa Gula (fasting blood sugar). Anda harus puasa selama satu malam dan saat paginya ketika darah merasa lelah Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa kadar gula darah apakah masih dalam keadaan normal atau tidak. Normalnya gula darah 70-99 milligramm per desiliter (mg/dl) atau kurang dari 5.5 mmol/L

3. Tes “two-hour postprandial”. Pemeriksaan gula darah ini dilakukan dua jam setelah pasien makan. Hasil normalnya yaitu 70-145 mg/dL

4. Tes “random blood sugar”. Tes ini dilakukan kapan saja tidak memperdulikan kapan Anda terakhir makan. Hasil normalnya 70-125 mg/dL

5. Tes Hemoglobin A1C. Tes ini berfungsi mengukur berapa banyak persediaan gula dalam sel darah merah. Hasil normal bukan bagi penderita diabetes sebanyak 4% sampai 6%. Sedangkan hasil normal untuk penderita diabetes sebesar 7% atau kurang. Jika hasilnya 8% atau lebih makan kadar gula dalam darah tidak terkontrol.


Source/ref: VIVAnews.com - Juli 2009

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More