Halaman

Senin, 15 November 2010

MEDAN MAGNET BUMI, Penyelamat SAAT BADAI MATAHARI Terjadi Pada Tahun 2012

Bookmark and Share

Isu kiamat yang akan terjadi di tahun 2012 nanti saat ini sudah sangat memasyarakat dan kedengarannya sudah tidak asing lagi, seolah-olah hanya sebuah bualan saja. Sebenarnya tidak akan ada yang tahu kapan kiamat itu akan terjadi dan apa penyebab kiamat itu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli astronomi, memang pada tahun antara 2011 - 2012 matahari akan mencapai puncak aktifitas dimana ini memang sudah menjadi siklus aktifitas matahari setiap 11 tahun. Akan tetapi aktivitas yang akan terjadi ditahun 2012 ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah dan mungkin akan berdampak besar pula bagi kehidupan dimuka bumi ini. Hal inilah yang membuat inpirasi para pembuat film-film Hollywood untuk membuat film yang menggambarkan akibat dari badai matahari tersebut.

Badai matahari yang akan terjadi ini sebenarnya adalah ledakan maha dahsyat pada atmosfer matahari dimana jutaan metrik ton partikel-partikel bermuatan akan dilontarkan kesegala arah keruang angkasa. Bumi yang kita tempati ini tidak akan lepas dari hujaman partikel tersebut. Lalu apa dampak dari hal tersebut? apakah dampaknya sama seperti yang digambarkan dalam film-film Hollywood?

Kita wajib bersyukur karena pada Bumi yang kita tempati ini memiliki pelindung yang sangat kuat yang dapat menahan segala gangguan dari luar angkasa. Lapisan Atmosfer dan Medan Magnet Bumi adalah tameng yang super kuat yang membuat bumi terhindar dari petaka yang mematikan dari luar angkasa. Kalau seandainya Bumi tidak memiliki lapisan atmosfer yang tebal dan medan magnet yang kuat, mungkin bumi akan berwajah seperti bulan dan planet-planet lain, dimana banyak terdapat kawah disana-sini akibat dari benturan-benturan batu meteor. Begitu juga dengan partikel berbahaya yang akan dilontarkan karena badai matahari, mereka akan ditangkis oleh atmosfer dan akan dibelokkan oleh medan magnet bumi. Mungkin hanya daerah Kutub bumi yang akan menerima hujaman partikel tersebut dalam jumlah yang agak besar. Dampak yang akan timbul dari ini semua hanya akan terjadi pada satelit-satelit dan komunikasi yang menggunakan gelombang radio, juga pada jaringan listrik dunia. Namun setidaknya tidak seperti apa yang digambarkan dalam film-film tentang kiamat tersebut.

Semua ini adalah kehendak Tuhan, tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi nanti. Tetapi setidaknya dengan ilmu pengetahuan yang kita ketahui kita sedikit mampu memprediksikan apa yang akan terjadi nanti. Masalah kiamat, hanyalah Tuhan yang menentukan dan Maha Tahu, manusia tidak akan mampu melampaui kebesaran Tuhan. Wallahu'alam.

Source/ref: shvoong.com ~ feb 2010

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More