Halaman

Jumat, 11 Maret 2011

Tsunami di Jepang! Warga Indonesia Timur Diimbau Jauhi Pesisir

Bookmark and Share

Warga yang tinggal di pinggiran pantai (pesisir) Irian Utara dan Maluku Utara diimbau menjauhi pesisir. Sebab, tsunami diperkirakan akan datang sekitar pukul 21.30 WIT, Jumat (11/3/2011).

"Warga harus monitor televisi, dengar berita radio untuk memantau perkembangan informasi. Jauhi pesisir, bawa barang-barang yang ingin diselamatkan," ujar ahli tsunami dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hamzah Latief saat dihubungi, Jumat (11/3/2011).

Hamzah menjelaskan beberapa daerah di Indonesia bagian timur terkena imbasnya akibat gempa 8,9 skala richter (SR) dan tsunami yang melanda Jepang. Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara diprediksinya akan diterjang tsunami.

"Tingginya sekitar 50 cm sampai satu meter. Memang ini tidak memberikan dampak yang besar, tetapi kita harus tetap waspada. Kapal yang besar bisa dilepas ke tengah, dan kapal kecil bisa diamankan ke darat," imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan, akibat gempa 8,9 skala richter (SR) dan tsunami yang terjadi di Jepang, beberapa daerah di Indonesia Timur diperkirakan terkena dampaknya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (11/3/2011) siang, Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara akan diterjang tsunami pukul 18.00 WIB.

"Masyarakat di sekitar kawasan harus waspada tentang kemungkinan terjadinya tsunami di Indonesia," ujar Rahmat Priyono, Kepala Subbidang Informasi Dini Gempa Bumi BMKG.


Source: Inilah.com - 11 Maret 2011  15:16 WIB

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More