Halaman

Sabtu, 12 Februari 2011

PESTISIDA Sebabkan PARKINSON

Bookmark and Share

Sejumlah peneliti Amerika Serikat, Jumat lalu(12/2) mengatakan telah menemukan fakta yang menunjukkan jika orang yang terpapar dua varitas spesifik pestisida memiliki peluang untuk menderita penyakit parkinson 2,5 kali lebih besar.

Pestisida, parakuat dan rotenone, tidak diperbolehkan untuk penggunaan di rumah dan taman. Penelitian sebelumnya pada hewan telah mengaitkan parakuat dengan penyakit parkinson, sehingga penggunaannya dibatasi hanya untuk pengguna bersertifikat.


Rotenone hanya diperbolehkan untuk digunakan sebagai pembunuh spesies ikan ganas.


"Rotenone langsung menghambat fungsi mitokondria, jaringan yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dalam sel," kata rekan peneliti Freya Kamel, seorang peneliti di Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan.


"Parakuat meningkatkan produksi turunan oksigen tertentu yang dapat membahayakan struktur sel. Orang yang menggunakan pestisida jenis ini atau yang lain dengan efek yang memiliki peluang lebih besar untuk menderita penyakit parkinson."


Penelitian ini meneliti 110 orang dengan penyakit parkinson dan 358 orang yang menjabat sebagai kelompok kontrol dari Gerakan Pertanian dan Evaluasi (FAME).


FAME adalah bagian dari penelitian kesehatan pertanian yang lebih besar, yang mengamati kesehatan sekitar 90.000 pengguna pestisida berlisensi dan pasangan mereka. Penelitian ini muncul dalam perspektif jurnal Kesehatan Lingkungan.

Source/ref: MediaIndonesia 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More